-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Anugerah Kuasa Perkataan Terhadap Surga Dari Bumi

Kamis, 12 Oktober 2023 | Oktober 12, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-14T00:25:20Z
"Aku berkata kepadamu, sesungguhnya apa saja yang kamu ikat di bumi ini akan terikat di sorga dan apa saja yang kamu lepaskan di bumi ini akan terlepas di sorga. Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apa pun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga. Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka." - Matius 18:18-20

Teks ayat di atas menurut Matthew Henry adalah apa yang sebelumnya disampaikan kepada Petrus juga disampaikan-Nya di sini kepada semua murid lainnya, dan melalui mereka kepada semua pemuka jemaat yang setia, sampai ke ujung dunia. Bila para hamba Tuhan menyampaikan firman Kristus dengan setia dan menaati hukum-hukum-Nya dengan tegas dalam menjalankan tugas-tugas penggembalaan mereka sesuai dengan hukum-hukum-Nya (clave non errante -- kunci tidak memutar ke arah yang salah), maka mereka boleh yakin bahwa Ia akan mengakui mereka, mendukung mereka, dan mengesahkan apa yang mereka katakan dan lakukan seakan-akan hal itu dikatakan dan dilakukan oleh diri-Nya sendiri.

Bagaimana selaku pengikut Yesus Kristus diberikan anugerah sehingga perkataannya memiliki kuasa seperti yang dimiliki Yesus Kristus sendiri yang memiliki kuasa di bumi dan di surga? Ada sejumlah pendapat agar perkataan kita memiliki kuasa seperti yang terjadi saat Yesus berada di dunia, yang berbicara perkataan TUHAN yang berdampak terhadap surga, yaitu:
  • Kenali firman Tuhan.Hal terpenting yang perlu kita lakukan untuk berbicara dengan penuh kuasa firman seperti Yesus adalah mengenal firman Tuhan. Kita perlu tahu apa yang dikatakan firman Tuhan dan bagaimana firman Tuhan dapat diterapkan dalam hidup kita. Kita dapat mengenal firman Tuhan misal dengan membaca dan merenungkan Alkitab, mendengarkan khotbah atau pengajaran yang sehat, dan hidup dalam bimbingan dan dipenuhi Roh Kudus.
  • Hidup sesuai dengan firman Tuhan. Jika kita ingin berbicara firman Tuhan dengan penuh kuasa seperti Yesus, kita perlu hidup sesuai dengan firman Tuhan. Ketika kita hidup sesuai dengan firman Tuhan dengan mempercayai dan melakukannya, maka kita akan memiliki kuasa untuk berbicara firman Tuhan dengan penuh otoritas.
  • Berdoa. Doa adalah komunikasi kita dengan Tuhan. Melalui doa, kita dapat meminta kuasa dari Tuhan untuk berbicara firman-Nya dengan penuh kuasa seperti Yesus.
  • Berbicara dengan keyakinan. Ketika kita berbicara firman Tuhan, kita perlu berbicara dengan keyakinan. Yakinlah bahwa firman Tuhan adalah kebenaran dan bahwa firman Tuhan dapat mengubah hidup orang lain.
  • Berbicara dengan kasih Tuhan. Firman Tuhan adalah firman kasih. Oleh karena itu, kita perlu berbicara firman Tuhan dengan kasih. Jangan berbicara firman Tuhan dengan cara yang menghakimi atau menghukum.
  • Berbicara dengan hikmat TUHAN. Berbicara dengan mengigat firman Tuhan dengan hikmat. Pilihlah waktu dan tempat yang tepat untuk berbicara sesuai firman Tuhan.
Mulut yang memiliki anugerah kuasa seperti yang melekat dalam pelayanan Yesus di bumi akan menghadapi tantangan tersendiri. Seperti:
  • Apakah memiliki iman yang kuat? Untuk memiliki mulut yang berkuasa, kita perlu memiliki iman yang kuat kepada Tuhan. Iman adalah dasar dari kuasa. Tanpa iman, kita tidak akan mampu berbicara firman Tuhan dengan penuh kuasa.
  • Apakah hidup sesuai dengan firman Tuhan? Jika kita ingin berbicara firman Tuhan dengan penuh kuasa, kita perlu hidup sesuai dengan firman Tuhan. Ketika kita hidup sesuai dengan firman Tuhan, maka kita akan memiliki kuasa untuk berbicara firman Tuhan dengan penuh otoritas.
  • Apakah berani untuk berbicara firman Tuhan? Jangan takut untuk berbicara firman Tuhan, bahkan jika itu berarti kita harus menghadapi tantangan. Ketika kita berani untuk berbicara firman Tuhan, maka kita akan melihat kuasa Tuhan bekerja dalam hidup kita.
Jika perkataan kita Jika mulut memiliki kuasa karena hidup sebagai pengikut Kristus yang seperti Kristus yang berkata tentang Firman maka dalam hidupnya menghadapi tantangan, misal:
  • Ditolak oleh orang lain sebab Firman Tuhan seringkali tidak populer. Orang-orang yang tidak percaya mungkin menolak firman Tuhan yang kita ucapkan. Kita perlu siap untuk menghadapi penolakan ini.
  • Dituduh sebagai pembohong atau penipu karena orang-orang yang tidak percaya mungkin menuduh kita sebagai pembohong atau penipu. Kita perlu bersabar dan tetap teguh dalam iman kita.
  • Diteror oleh orang-orang jahat disebabkan adanya orang-orang jahat mungkin akan berusaha untuk menghentikan kita berbicara firman Tuhan. Kita perlu berdoa memohon perlindungan dari Tuhan.
Contoh sehari-hari dari anugerah kuasa perkataan yang penuh kuasa firman sehingga surga memperhatikan antara lain:
  • Menguatkan orang yang sedang menghadapi kesulitan dengan cara seperti berbicara firman Tuhan untuk menguatkan orang yang sedang menghadapi kesulitan. Misalnya, kita dapat mengutip ayat-ayat Alkitab yang berbicara tentang kasih, pengampunan, atau kekuatan Tuhan.
  • Menolong orang untuk bertobat dengan cara seperti berbicara firman Tuhan untuk menolong orang untuk bertobat. Misalnya, kita dapat mengutip ayat-ayat Alkitab yang berbicara tentang dosa, hukuman, atau keselamatan.
  • Mengubah cara hidup orang dengan cara seperti berbicara firman Tuhan untuk mengubah cara hidup orang. Misalnya, kita dapat mengutip ayat-ayat Alkitab yang berbicara tentang kebenaran, keadilan, atau kasih.
Mulut yang memiliki kuasa terhadap surga sebab diperhatikan TUHAN, contohnya:
  • Seperti Yesus menyembuhkan orang sakit maka orang percaya juga dikaruniakan anugerah berbicara dalam nama Yesus terjadi mukjizat kesembuhan
  • Seperti Yesus mengusir setan-setan maka orang percaya juga dikaruniakan anugerah berbicara dalam nama Yesus mengusir setan
  • Seperti Yesus membangkitkan orang mati seperti Lazarus maka orang percaya yang dipilihnya secara khusus dikaruniakan berbicara dalam nama Yesus membangkitkan orang mati
  • Seperti Yesus berkuasa terhadap alam seperti meredakan angin ribut maka orang percaya yang dipilihnya dikaruniakan berbicara dalam nama Yesus sehingga alam taat, misal orang Kristen Koptik yang memindahkan gunung Muqatam di Mesir
  • Seperti Yesus menegur dan menyatakan salah orang orang munafik misal saat khotbah di bukit, maka orang percaya dianugerahkan berbicara untuk menegur orang berdosa dan menyatakan bersalah misal Yohanes Pembaptis.
Anugerah kuasa perkataan terhadap surga dari bumi karena BAPA SORGAWI mengabulkan permintaan yang diucapkan pengikutNya yang dikasihi dan berkenan kepada-Nya. Yesus berkata kepada murid-Nya yaitu, "Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya." TUHAN yang di surga menyatakan kuasaNya menjawab permohonan umatNya seperti Elia yang sungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujan pun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan. Elia adalah manusia biasa sama seperti kita maka kita pun bila hidup semakin serupa dengan Kristus Yesus maka perkataan kita mengandung kuasa sehingga kerajaan surga turun ke bumi.

Dengan mengandalkan Tuhan dan terus belajar melalui Firman-Nya serta Roh Kudus, kita dapat mengembangkan mulut yang berkuasa seperti Yesus Sang Penguasa di surga dan di bumi.



Tulisan lainnya:
Zaman Anugerah
Anugerah TUHAN Bagi Manusia
Kehidupan Rohani Anugerah TUHAN
Menghampiri Tahta Kasih Karunia
Melihat TUHAN Maha Mulia
Hidup di Bumi Menjadi Warga Surga



×
Berita Terbaru Update