-->

Notification

×

Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan 2 Korintus 3:17

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Catatan Alkitab Komunikasi Keluarga

Senin, 30 Oktober 2023 | Oktober 30, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-30T03:07:44Z
Komunikasi keluarga adalah proses pertukaran informasi, ide, dan perasaan antara anggota keluarga. Komunikasi keluarga dapat terjadi secara verbal, non-verbal, atau keduanya.
  • Komunikasi verbal adalah komunikasi yang menggunakan kata-kata, baik lisan maupun tulisan. Komunikasi verbal dapat berupa percakapan, surat, email, atau pesan teks.
  • Komunikasi non-verbal adalah komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata, tetapi menggunakan bahasa tubuh, ekspresi wajah, atau sentuhan. Komunikasi non-verbal dapat berupa kontak mata, anggukan kepala, senyuman, atau pelukan.
Tujuan komunikasi keluarga antara lain: "Membangun dan memelihara hubungan, Mentransfer informasi, Mencapai kesepakatan, Mengatasi konflik dan Mendidik dan mengasuh anak". Contoh keluarga dalam Alkitab adalah keluarga Yakub sebagai leluhur Israel. Keluarga Yakub dijadikan contoh tentang bagaimana komunikasi dapat digunakan untuk membangun dan memelihara hubungan yang sehat dan bahagia. Berikut adalah beberapa contoh nyata keluarga Yakub dalam menjalin komunikasi yang menunjukkan saling membangun dan memelihara hubungan, mentransfer informasi, mencapai kesepakatan, mengatasi konflik serta mendidik dan mengasuh anak:
  • Membangun dan memelihara hubungan
    - Yakub dan Rahel sering berbicara satu sama lain tentang cinta mereka. Misalnya, ketika Yakub pertama kali melihat Rahel, dia jatuh cinta padanya. Dia berbicara dengan Rahel tentang perasaannya, dan mereka akhirnya menikah.
    - Yakub dan anak-anaknya sering berbicara satu sama lain tentang kehidupan mereka. Misalnya, ketika Yakub tua, dia berbicara dengan anak-anaknya tentang masa lalunya dan tentang harapannya untuk masa depan.
  • Mentransfer informasi
    - Yakub memberi tahu anak-anaknya tentang janji Allah untuk memberi mereka tanah Kanaan. Misalnya, ketika Yakub sedang sekarat, dia memanggil anak-anaknya dan memberi tahu mereka tentang janji Allah.
    - Yakub memberi tahu putranya, Yusuf, tentang pentingnya menjadi orang yang jujur dan adil. Misalnya, ketika Yusuf masih kecil, Yakub memberi tahu dia bahwa dia akan menjadi pemimpin bangsa.
  • Mencapai kesepakatan:
    - Yakub dan Laban mencapai kesepakatan tentang upah untuk Laban bekerja untuk Yakub. Misalnya, ketika Yakub bekerja untuk Laban, mereka setuju bahwa Yakub akan mendapatkan semua anak domba yang berbintik-bintik.
    - Yakub dan Esau mencapai kesepakatan tentang tanah Kanaan. Misalnya, ketika Yakub kembali ke Kanaan, dia bertemu dengan Esau dan mereka setuju untuk berbagi tanah.
  • Mengatasi konflik:
    - Yakub dan Laban mengatasi konflik mereka tentang upah. Misalnya, ketika Yakub merasa bahwa dia telah diperlakukan tidak adil oleh Laban, dia berbicara dengan Laban tentang hal itu. Mereka akhirnya mencapai kesepakatan yang memuaskan kedua belah pihak.
    - Yakub dan Esau mengatasi konflik mereka tentang hak kesulungan. Misalnya, ketika Yakub dan Esau bertemu kembali, mereka saling memaafkan dan bersatu kembali.
  • Mendidik dan mengasuh anak:
    - Yakub mendidik anak-anaknya tentang iman mereka kepada Allah. Misalnya, Yakub sering bercerita kepada anak-anaknya tentang Allah dan tentang janji-janji-Nya.
    - Yakub mengasuh anak-anaknya dengan kasih sayang dan perhatian. Misalnya, ketika Yakub kehilangan Yusuf, dia sangat sedih. Dia mencari Yusuf selama bertahun-tahun dan akhirnya menemukannya.
Komunikasi keluarga yang efektif dapat membantu anggota keluarga untuk: "Merasa dicintai dan didukung, Memahami satu sama lain, Membangun kepercayaan, Mengatasi masalah dan Menumbuhkan hubungan yang sehat". Beberapa bukti yang menunjukkan bahwa komunikasi keluarga Yakub efektif hingga:
  • Merasa dicintai dan didukung:
    - Yakub dan Rahel saling mencintai dan mendukung satu sama lain. Mereka sering berbicara satu sama lain tentang cinta mereka, dan mereka selalu ada untuk satu sama lain, baik dalam suka maupun duka.
    - Yakub dan anak-anaknya juga saling mencintai dan mendukung satu sama lain. Mereka sering berbicara satu sama lain tentang kehidupan mereka, dan mereka selalu ada untuk satu sama lain, baik dalam suka maupun duka.
  • Memahami satu sama lain:
    - Yakub dan Rahel saling memahami satu sama lain. Mereka sering berbicara satu sama lain tentang pikiran dan perasaan mereka, dan mereka selalu berusaha untuk melihat dari sudut pandang masing-masing.
    - Yakub dan anak-anaknya juga saling memahami satu sama lain. Mereka sering berbicara satu sama lain tentang kehidupan mereka, dan mereka selalu berusaha untuk belajar tentang satu sama lain.
  • Membangun kepercayaan:
    - Yakub dan Rahel membangun kepercayaan satu sama lain. Mereka sering berbicara satu sama lain tentang hal-hal pribadi, dan mereka selalu berusaha untuk menjaga rahasia satu sama lain.
    - Yakub dan anak-anaknya juga membangun kepercayaan satu sama lain. Mereka sering berbicara satu sama lain tentang hal-hal pribadi, dan mereka selalu berusaha untuk menjaga rahasia satu sama lain.
  • Mengatasi masalah:
    - Yakub dan Rahel mengatasi konflik mereka dengan cara yang konstruktif. Mereka sering berbicara satu sama lain tentang konflik mereka, dan mereka selalu berusaha untuk menemukan solusi yang memuaskan kedua belah pihak.
    - Yakub dan anak-anaknya juga mengatasi konflik mereka dengan cara yang konstruktif. Mereka sering berbicara satu sama lain tentang konflik mereka, dan mereka selalu berusaha untuk menemukan solusi yang memuaskan kedua belah pihak.
  • Menumbuhkan hubungan yang sehat:
    - Yakub dan Rahel memiliki hubungan yang sehat dan bahagia. Mereka saling mencintai, mendukung, memahami, dan mempercayai satu sama lain.
    - Yakub dan anak-anaknya juga memiliki hubungan yang sehat dan bahagia. Mereka saling mencintai, mendukung, memahami, dan mempercayai satu sama lain.
Dalam komunikasi keluarga dapat menemui hambatan, seperti: "Perbedaan pendapat, Ketidakpercayaan, Emosi yang kuat, Perbedaan budaya dan Keterbatasan fisik" Hambatan yang dialami oleh Yakub seperti:
  • Perbedaan pendapat:
    - Yakub dan Laban sering memiliki perbedaan pendapat tentang upah. Misalnya, ketika Yakub merasa bahwa dia telah diperlakukan tidak adil oleh Laban, dia berbicara dengan Laban tentang hal itu. Namun, perbedaan pendapat mereka ini sering kali menyebabkan konflik.
    - Yakub dan Esau juga sering memiliki perbedaan pendapat tentang hak kesulungan. Misalnya, ketika Yakub menipu Esau untuk mendapatkan hak kesulungan, ini menyebabkan kebencian dan dendam di antara mereka.
  • Ketidakpercayaan:
    - Yakub tidak percaya kepada Laban. Misalnya, ketika Yakub bekerja untuk Laban, Yakub lalu membuat ternaknya mencuri ternak Laban untuk kembali ke Kanaan. Ketidakpercayaan Yakub ini menyebabkan konflik antara mereka. - Yakub juga tidak percaya kepada Esau. Misalnya, ketika Yakub melarikan diri dari Esau, dia takut bahwa Esau akan membunuhnya. Ketidakpercayaan Yakub ini menyebabkan hubungan mereka menjadi renggang.
  • Emosi yang kuat:
    - Yakub sering bertindak berdasarkan emosinya, daripada logika. Misalnya, ketika Yakub melihat Rahel, dia jatuh cinta padanya dan memutuskan untuk menikahinya, bahkan ketika dia sudah bertunangan dengan saudara perempuannya. Tindakan Yakub ini didasarkan pada emosinya, dan ini menyebabkan masalah dalam pernikahannya.
    - Yakub juga sering bertindak berdasarkan kemarahannya. Misalnya, ketika Yakub mengetahui bahwa Esau akan membunuhnya, dia melarikan diri dari rumah. Tindakan Yakub ini didasarkan pada kemarahannya, dan ini menyebabkan hubungannya dengan Esau menjadi renggang.
  • Perbedaan budaya:
    - Yakub adalah orang Ibrani, sedangkan Laban adalah orang Aram. Perbedaan budaya ini menyebabkan konflik antara mereka, misalnya tentang cara beternak dan bekerja.
    - Yakub juga memiliki perbedaan budaya dengan Esau. Esau menikah dan hidup dengan orang Kanaan , sedangkan Yakub adalah orang Ibrani. Perbedaan budaya ini menyebabkan konflik antara mereka, misalnya tentang cara hidup dan kepercayaan.
  • Keterbatasan fisik.
    - Lea kurang cantik. Lea tidak berseri matanya, tetapi Rahel itu elok sikapnya dan cantik parasnya sehingga terjadi persaingan cinta untuk menarik perhatian Yakub.
    - Yakub buta pada usia tua. Keterbatasan fisik ini menyebabkan dia kesulitan berkomunikasi dengan anggota keluarganya. Misalnya, dia tidak dapat melihat wajah mereka atau membaca emosi mereka.
Dalam sebuah keluarga perlu tindakan untuk meningkatkan komunikasi keluarga antara lain: "Luangkan waktu untuk berbicara satu sama lain, Dengarkan dengan penuh perhatian, Bicaralah dengan jujur dan terbuka, Hindari menghakimi dan Terima perbedaan" Bentuk nyata meningkatkan komunikasi keluarga dalam keluarga Yakub dalam:
  • Luangkan waktu untuk berbicara satu sama lain.
    - Yakub dan Rahel dapat meluangkan waktu untuk berbicara satu sama lain setiap hari, misalnya saat makan malam atau sebelum tidur. Mereka dapat berbicara tentang hari mereka, perasaan mereka, atau apa pun yang ada di benak mereka.
    - Yakub dan anak-anaknya dapat meluangkan waktu untuk berbicara satu sama lain secara teratur, misalnya saat makan malam bersama atau saat bermain bersama. Mereka dapat berbicara tentang kehidupan mereka, impian mereka, atau apa pun yang penting bagi mereka.
  • Dengarkan dengan penuh perhatian.
    - Yakub dan Rahel dapat mendengarkan satu sama lain dengan penuh perhatian saat mereka berbicara. Mereka dapat menghindari gangguan dan fokus pada apa yang dikatakan pasangannya.
    - Yakub dan anak-anaknya dapat mendengarkan satu sama lain dengan penuh perhatian saat mereka berbicara. Mereka dapat memberikan umpan balik positif dan menunjukkan bahwa mereka peduli.
  • Bicaralah dengan jujur dan terbuka.
    - Yakub dan Rahel dapat berbicara dengan jujur dan terbuka satu sama lain tentang pikiran dan perasaan mereka, baik yang baik maupun yang buruk. Mereka dapat saling percaya dan yakin bahwa pasangannya akan menerima mereka apa adanya.
    - Yakub dan anak-anaknya dapat berbicara dengan jujur dan terbuka satu sama lain tentang pikiran dan perasaan mereka. Mereka dapat saling menghormati dan belajar untuk memahami satu sama lain dengan lebih baik.
  • Hindari menghakimi.
    - Yakub dan Rahel dapat menghindari menghakimi satu sama lain saat mereka berbicara. Mereka dapat fokus pada apa yang dikatakan pasangannya, bukan pada bagaimana mereka menilainya.
    - Yakub dan anak-anaknya dapat menghindari menghakimi satu sama lain saat mereka berbicara. Mereka dapat saling menghargai dan menerima perbedaan pendapat.
  • Terima perbedaan.
    - Yakub dan Rahel dapat menerima perbedaan satu sama lain, baik itu perbedaan pendapat, budaya, atau keterbatasan fisik. Mereka dapat belajar untuk menghargai perbedaan dan bekerja sama untuk menemukan solusi.
    - Yakub dan anak-anaknya dapat menerima perbedaan satu sama lain. Mereka dapat belajar untuk menghormati perbedaan dan belajar dari satu sama lain.
Catatan Alkitab diwarnai dengan hadirnya komunikasi dalam keluarga. Komunikasi keluarga adalah hal yang penting untuk membangun dan memelihara hubungan yang sehat dan bahagia. Dengan meningkatkan komunikasi keluarga, anggota keluarga dapat merasa lebih dekat, lebih memahami satu sama lain, dan lebih mampu mengatasi masalah. Keluarga Yakub sekalipun bukan keluarga yang tanpa kesalahan dan bukan keluarga sempurna tetapi memberi arti dan nilai dalam komunikasi keluarga.

Secara praktis dan sederhana contoh komunikasi keluarga yang efektif:
  • Orang tua yang berbicara dengan anak-anak mereka tentang hari mereka.
  • Pasangan yang berbagi pikiran dan perasaan mereka.
  • Saudara kandung yang bermain bersama.
  • Keluarga yang berkumpul untuk makan malam.
Beberapa hal spesifik yang dapat kita pelajari dari keluarga Yakub tentang komunikasi keluarga:
  • Komunikasi yang terbuka dan jujur adalah penting untuk membangun hubungan yang kuat. Yakub dan keluarganya sering berbicara satu sama lain tentang pikiran dan perasaan mereka, baik yang baik maupun yang buruk.
  • Dengarkan dengan penuh perhatian adalah penting untuk menunjukkan bahwa Anda peduli. Yakub dan keluarganya sering mendengarkan satu sama lain dengan penuh perhatian, bahkan ketika mereka tidak setuju.
  • Dukung satu sama lain, terutama di masa-masa sulit. Yakub dan keluarganya selalu mendukung satu sama lain, baik dalam suka maupun duka.
Komunikasi keluarga yang ideal terjadi saat Adam dan Hawa belum jatuh ke alam dosa karena mendengarkan perkataan dari ular dimana saat keadaan kudus segala tujuan berkomunikasi antara manusia dengan TUHAN, manusia dengan sesamanya dan juga komunikasi manusia dengan makhluk hidup lainnya berada dalam kondisi yang sangat baik. Kiranya Adam terakhir, yaitu Kristus Yesus memulihkan keadaan kita sehingga menikmati apa yang dinikmati oleh Adam dan Hawa sebelum jatuh akibat tertipu saat berkomunikasi dengan ular.



Tulisan lainnya:
Struktur Keluarga Yang Sehat
Masalah Yang Mengikat Keluarga & Rumah Tangga
Kehidupan Lea Berdasarkan Alkitab
Keadilan Dalam Mendidik Dan Membesarkan Anak
Suami Istri Yang Kesepian
Hikikomori Dan Jemaat Usia Lanjut



×
Berita Terbaru Update