Yesus berkata bahwa sebelum kesudahan tiba, Injil kerajaan surga diberitakan di seluruh dunia berarti ada pembawa berita tentang Injil. Secara umum tugas pembawa berita adalah:
- Menyampaikan informasi kepada masyarakat secara akurat, objektif, dan tepat waktu. Jika Membawa berita Injil maka informasi Injil yang disampaikan harus akurat dan presisi pada waktu yang diatur oleh Roh Kudus
- Menjelaskan berita secara jelas dan mudah dipahami oleh masyarakat. Jika membawa berita Injil harus dapat dipahami pendengar.
- Membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat dan menjaga profesionalisme dalam bekerja sebagai pemberita Injil
Perbedaan antara pemberita Injil dan saksi Kristus diantaranya:
- Pemberita Injil lebih fokus pada aspek pengajaran dan penyampaian informasi tentang Injil sedangkan saksi Kristus bicara tentang pengalaman pribadi dan kehidupan yang mencerminkan Yesus Kristus.
- Tujuan pemberita Injil membawa jiwa untuk menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat sedangkan saksi Kristus menunjukkan kasih dan kemurahan hati Yesus Kristus kepada dunia.
- Metode yang dipakai pemberita Injil adalah khotbah, seminar, diskusi dan media lainnya sedangkan saksi Kristus melalui sikap hidup, tindakan dan perkataan.
Faktor yang mempengaruhi efektivitas mobilisasi mulut dalam hal berita injil, antara lain:
- Kualitas informasi: Informasi yang berkualitas dan relevan dengan audiens lebih mungkin menyebar dengan cepat.
- Kredibilitas sumber: Sumber yang kredibel lebih mungkin dipercaya oleh audiens.
- Keterjangkauan: Informasi yang mudah diakses oleh audiens lebih mungkin menyebar.
- Mobilisasi mulut adalah cara yang efektif untuk menyebarkan berita. Mobilisasi mulut dapat menjangkau khalayak yang luas dalam waktu yang singkat.
- Mobilisasi mulut dapat menciptakan efek bola salju. Ketika seseorang menyampaikan berita kepada orang lain, orang tersebut dapat menyampaikan berita tersebut kepada orang lain lagi, dan seterusnya.
- Mobilisasi mulut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang suatu peristiwa. Ketika orang-orang mendengar berita tentang suatu peristiwa, mereka akan lebih cenderung untuk mencari informasi lebih lanjut tentang peristiwa tersebut.
- Pastikan berita yang Anda sampaikan adalah akurat dan faktual dan tidak ditambah atau dikurangi
- Gunakan bahasa yang mudah dipahami.
- Kisahkanlah berita dengan cara yang menarik dan kreatif.
- Berikan bukti untuk mendukung berita Anda.
- Tujuan pemberitaan adalah menyampaikan informasi kepada khalayak luas sedangkan mobilisasi mulut ke mulut adalah menyebarkan informasi dari mulut ke mulut.
- Media yang dipakai dalam pemberitaan adalah media massa seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, internet dan sejenis sedangkan mobilisasi mulut bersifat komunikasi antar personal
- Dalam kegiatan pemberitaan kecepatan penyebaran berita adalah cepat sedangkan mobilisasi mulut lebih lambat.
- Akurasi pemberitaan cenderung lebih akurat karena informasi disampaikan melalui proses seleksi dan penyaringan sedangkan mobilisasi mulut kurang akurat karena informasi dapat berubah atau diubah dari mulut ke mulut.
- Kredibilitas pemberitaan cenderung lebih kredibel karena informasi disampaikan berasal dari sumber yang dapat dipercaya sedangkan mobilisasi mulut bersifat kurang kredibel karena sumber informasi dapat dari sembarangan orang.
- Efektivitas pemberitaan untuk menyebarkan informasi ke khalayak luas sedangkan mobilisasi mulut penyebaran informasi kepada kelompok kecil.
Pendapat di atas terkadang ditolak sebab berpandangan bahwa:
- Fokus: Pemberitaan Injil lebih fokus pada menyampaikan kabar baik tentang keselamatan, sedangkan pengajaran Injil lebih fokus pada membagikan kebenaran Alkitab secara lebih mendalam.
- Audiens: Pemberitaan Injil dapat ditujukan kepada siapa saja, sedangkan pengajaran Injil biasanya ditujukan kepada orang-orang yang sudah mengenal Yesus Kristus.
- Metode: Pemberitaan Injil dapat menggunakan metode yang lebih sederhana, sedangkan pengajaran Injil biasanya menggunakan metode yang lebih kompleks.
- Media massa, seperti televisi, radio, dan surat kabar, situs internet, dapat digunakan untuk menyampaikan pesan kepada khalayak luas. Media massa dapat menjangkau orang-orang dari berbagai latar belakang dan lokasi.
- Media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, dapat digunakan untuk menjangkau orang-orang dari berbagai latar belakang. Media sosial juga dapat digunakan untuk membangun hubungan dengan orang-orang dan menciptakan percakapan.
- Acara khusus, seperti konser, festival, atau olahraga, dapat digunakan untuk menyampaikan pesan kepada orang-orang yang berkumpul di tempat yang sama. Acara khusus dapat menjadi cara yang efektif untuk menarik perhatian orang-orang dan menyampaikan pesan dengan cara yang menarik.
- Pesan langsung, seperti surat, email, atau telepon, dapat digunakan untuk menyampaikan pesan secara personal kepada orang-orang. Pesan langsung dapat membantu membangun hubungan dengan orang-orang dan menciptakan percakapan yang lebih mendalam.
Kondisi saat ini makin nyata bahwa yang terdahulu akan menjadi terkemudian dan yang terkemudian akan menjadi terdahulu. Ada gairah baru dan kasih mula-mula yang hadir dalam kegiatan mulai dari pemberitaan menuju mobilisasi mulut dan atau sarana lainnya dari orang-orang terkemudian.
- Tulisan lainnya:
- Tampilnya Pengejek Terhadap Kristen
- Menjadi Saksi Kristus
- Gereja Dan Tranformasi Masyarakat
- Rekayasa Perilaku dan Teknologi
- Sistem Pendidikan, Hoax dan Alkitab
- Gereja Diguncang TUHAN